SIAL DAN SIMA

sialDari beberapa komentar pada tulisan saya yang berjudul Struktur Bumi, ada yang bertanya mengenai SIAL dan SIMA. Jika berbicara tentang kedua hal ini, maka saya harus membahas juga mengenai crust dan tectonic lempang. Sepertinya penjelasan ini akan panjang. Walaupun saya tidak secanggih para ahli geologi senior, saya akan berusaha memberi penjelasan sedikit. Ya sebenarnya sih Cuma menterjemahkan saja dari beberapa sumber, seperti wikipedia (powerfull ensiklopedia).

Baiklah saya akan mulai dengan pengertiannya,

SIAL; adalah lapisan batuan yang berada di bawah continent, terdiri dari granitic dibagian atas dan gabbroic dilapisan bawah. Ketbalannya bervariasi antara 30 km sampai 35 km. Nama sial berasal dari nama unsure utama yang terkandung didalamnya, yaitu silica dan alumina. Mempunyai nilai specific gravity sekitar 2.7. Sedangkan pengertian secara petrology, sial merupakan nama dari bagian atas crust yang terdiri dari batuan kaya akan silica dan alumina, sumber dari granitic magma. Merupakan cirri continental crust bagian atas.

SIMA; adalah lapisan batuan yang berada dibawah samudera terdiri dari lapisan basaltic. Mempunyai nilai specific gravity sekitar 3.0. Ada yang beranggapan bahwa sima bersifat peridotitic dan memiliki specific gravity sekitar 3.3. Sedangkan pengertian secara petrology, sima merupakan lapisan bawah dari crust terdiri dari batuan yang kaya akan unsure silica dan magnesia. Sima sama dengan oceanicgranitethumbnail crust dan merupakan bagian bawah dari continental crust.

Granitic adalah istilah yang digunakan untuk batuan yang mempunyai sifat granite. Granite adalah batuan beku plutonic (plutonic igneous rock) yang terdiri dari mineral felsic yaitu quartz (10%-50%) dan mineral alkali yaitu feldspar (65%-90%).

Gabbroic adalah istilah yang digunakan untuk batuan yang mempunyai sifat gabbro. Gabbrogabbrothumbnail1 adalah batuan bekuintrusive (intrusive igneous rock) yang terdiri dari mineral plagioclase (biasanya labradorite atau bytownite) dan clinopyroxene (augite); dengan atau tanpa olivine dan orthopyroxene; dan juga semua mineral dalam grupnya.

Basaltic adalah istilah yang digunakan untuk batuan yang mempunyai sifatbasaltthumbnail basalt. Basalt adalah batuan beku extrusiveyang berwarna gelap (mafic extrusive igneous rock), tapi juga terkadang intrusive (seperti dikes). Terdiri dari calcic plagioclase dan clinopyroxene. Terkadang hadir juga nepheline, olivine, orthopyroxene dan quartz.

Nah mumet ya? Sama. Jadi kesimpulan yang bisa diambil dari pengertian diatas, sederhananya seperti ini:

SIMA ; silica + magnesia = Basaltic ==> Oceanic Crust

SIAL ; silica + Alumina = Granitic ==> Continental Crust

earthscrust2

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: