300px-gempebbles800pixlabelledMelengkapi post sy terdahulu yang berjudul Batuan dan Mineral, saya akan bercerita sedikit tentang mineral-mineral ini. Ternyata diantara mineral tersebut, banyak yang indah dan menarik disetiap kelasnya (Silicatae, Sulfate, Halide, Oxide, Sulfide, Phospate dan Element). Karena keindahannya mineral-mineral ini dikenal sebagai batu permata (gemstone). Manusia sejak zaman dahulu sudah mengenal keindahan batu permata ini, karena adanya mitos bahwa setiap orang yang mengenakan batu permata akan dipandang cantik. Bagi sebagian orang, memiliki batu permata sama dengan tingkat sosial yang tinggi. Ada juga yang beranggapan dengan memiliki batu permata maka bisa mendatangkan keberuntungan, keselamatan, dan kebahagiaan.

Lalu muncul pertanyaan; mengapa mineral-mineral itu indah dan menarik sehingga menjadi sangat berharga untuk dimiliki? Alasan utama mengapa batu permatan sangat berharga adalah karena indah, langka dan tahan (durable; resistant terhadap abrasion, fracturing dan terhadap reaksi kimia). Beberapa mineral terlihat indah, tapi rapuh sehingga mudah hancur (contohnya fluorite). Kalau diperhatikan, Fluorite sangat indah dengan warnanya, mempunyai empat arah belahan (cleavage) yang sempurna tapi sayang kekerasannya Cuma 4 (Skala Mohs). Sedangkan mineral lain ada yang indah dan terlalu banyak dijumpai sehingga menjadi semiprecious gemstone. Oh ya, batu permata ini dibagi dua precious seperti Diamond, ruby, Sapphire, emerald dan lain-lain. Dan Semiprecious seperti agate.

Sebagian besar batu permata memiliki kekerasan yang baik (diatas 5) dan Refraction Index (semakin tinggi nilainya, semakin indah kilaunya). Batu permata paling banyak berasal dari kelas silicate yang merupakan mineral keras dan sangat stabil. Sedikit yang berasal dari kelas Oxide, kemudian Diamond yang khusus terdiri dari satu macam unsur, yaitu Carbon. Diamond mempunyai empat belahan sempurna, kekerasan 10 dan Index refraction 2.4. Kemudian ada beberapa batu permata yang bukan merupakan mineral yang sebenarnya, disebut sebagai mineraloids, contohnya: opal, amber, dan moldavite.

Di antara berbagai jenis batu permata, Diamond memang yang paling mahal dan paling tinggi nilainya. Batu permata ini merupakan batu yang paling keras dan memiliki cahaya paling terang di antara batu permata yang lain karena mempunyai susunan kristal kubus. Terdapat sembilan unsur kristal yang dimiliki oleh Diamond. Hal inilah yang menyebabkan pantulan-pantulan sinar yang masuk ke dalam ruang Diamond tidak dibiaskan ke satu arah, akan tetapi ke sembilan bangun kristal ruang dan membuat kilauan indah Diamond tersebut.

Dengan keindahan dan mitos keberuntungan yang melingkupinya, pesona batu permata tidak akan luntur olehamethystthumbnail perubahan zaman dan kecanggihan teknologi. Batu ruby diyakini memberikan kebahagiaan dan menambah wibawa pemakainya. Batu ini tergolong batu yang sangat digemari karena warna merahnya dapat bersinar di tempat gelap dan dapat berpijar jika diterangi sinar ultraviolet.

Batu Emerald beda lagi. Batu ini dipercaya dapat membawa keberuntungan, selain itu batu Emerald tahan panas dan tidak mudah berubah warna, meski tergolong rapuh. Topaz merupakan batu yang cukup unik. Batu ini jika digosok dengan keras dapat mengeluarkan api atau daya listrik yang dapat menarik potongan kertas kecil. Topaz dipercaya sebagai batu yang dapat menolak bahaya.

Batu permata sejak zaman dahulu hingga sekarang masih dipercaya sebagai lambang zodiak. Meski kepercayaan ini sudah berkurang, namun batu yang berhubungan dengan bintang kelahiran masih ada yang memakainya. Selain jenisnya yang bervariasi, warna batu permata juga sangat beragam, mulai dari merah, kuning, hijau, biru, atau putih. Kalau dahulu batu permata hanya terkenal karena digunakan untuk cincin, kini aneka perhiasan seperti gelang, kalung, anting, bros, pin atau tasbih juga dibuat dari batu permata. Untuk menambah keindahannya, batu permata tersebut didesain dan digabungkan dengan berlian, emas, dan emas putih. Dari yang berharga puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Lambang zodiak pada batutopazthumbnail

Aquarius = Amethyst
Pisces = Turquoise
Aries = Diamond
Taurus = Emerald
Gemini = Alexandrite
Cancer = Ruby
Leo = Sardonix
Virgo = Sapphire
Libra = Opal
Scorpio = Topaz
Sagitarius = Turquoise
Capricorn = Agate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: