Hampir semua pencari informasi di internet menggunakan jasa search engine untuk menemukan data maupun informasi yang dicari. Terdaftar di search engine dan menjadi situs yang tampil di halaman pertama search engine adalah impian setiap pemilik web. Dengan muncul dihalaman pertama untuk kata kunci yang dibidik akan meningkatkan pengunjung web sehingga maksud dan tujuan pemilik web untuk menyampaikan informasi yang ada di webnya sangat efisien. Untuk muncul di halaman pertama search engine adalah bukan hal yang mudah, apalagi search engine besar semacam google dan yahoo. Kita harus melampaui situs – situs yang telah ada di halaman pertama google. Dan itu memang tidak mudah perlu kesabaran untuk melakukan trik dan cara – cara yang telah diajarkan para master SEO yang telah berpengalaman.

Artikel ini akan mengulas beberapa cara yang perlu dilakukan agar web kita terdaftar dan bisa merangkak naik menuju halaman pertama search engine dengan kata kunci yang kita inginkan.

Daftarkan terlebih dahulu web anda di search engine
Google dan Yahoo adalah raksasa search engine meskipun banyak sekali search engine yang ada di internet kebanyakan pengguna internet mencari informasi melalui kedua search engine ini sehingga web anda wajib untuk di daftarkan di Google dan Yahoo supaya web anda bisa dikenali oleh Google dan Yahoo. Cara mendaftarkan akan saya tulis di posting berikutnya.

Isi web selalu baru dan terupdate.
Usahakan selalu mengupdate isi web secara teratur dan berkala. Kalau bisa usahakan setiap hari isi web anda selalu fresh. Ini bukan rahasia lagi kalau search engine menyukai web dengan isi yang selalu terupdate. Atau minimal seminggu 3 kali update web.
Usahakan bukan copy paste sebab search engine seperti Google bisa membandingkan isi sebuah halaman web hasil contekan atau asli. Halaman web hasil duplikat biasanya tidak mudah untuk menduduki peringkat yang lebih baik.

kata kunci
menggunakan kata kunci yang tepat juga mempunyai penggaruh yang signifikan untuk bisa menarik pengunjung ke web anda. Pemilihan kata kunci jangan main tebak saja tetapi lebih baik kalau melalui keyword tracker sehingga kata kunci yang anda pakai di web anda merupakan kata kunci yang banyak dicari dan mempunyai pesaing yang sedikit.
Link popularity
semakin banyak link dari website lain yang mengarah ke web anda maka web anda akan dianggap penting oleh search engine sehingga kesempatan untuk mencapai peringkat yang lebih baik di search engine akan semakin besar.
Usahakan selalu menambah link popularity ini setiap hari, bisa dengan cara kasih komentar di blog lain dan meninggalkan link yang mengarah ke web anda atau tukeran link dengan blog lain. Usahakan link yang mengarah ke web/blog anda setopik dengan isi web yang kita punyai. Lebih bagus lagi kalau link yang mengarah ke blog kita adalah one way link atau link yang searah.
Mendaftar di open directory
Daftarkan web anda di open directory DMOZ karena search engine seperti Google mengunakan data DMOZ untuk hasil pencarian mereka. Tapi tidak semudah itu untuk bisa terdaftar di DMOZ sebab bisa menunggu sampai berbulan – bulan agar web bisa terlisting di directory DMOZ. Tetapi jangan heran kalau ternyata web anda sudah terlisting di DMOZ maka traffic anda akan cepat melejit.

Comments on: "Agar Blog Kita Bisa Merangkak Naik Menuju Halaman Pertama Search Engine" (2)

  1. Thx Mr.Agus..

Tinggalkan komentar